niat, ikhlas dan syukur

niat adalah berdoa kepada allah dan serahkan segalanya kepada allah untuk mengawali segala sesuatu agar semua nya menjadi bermanfaat dan mendapatkan berkah dari allah swt.

ikhlas adalah segala sesuatu yang telah kita niatkan dari awal dan rela dalam melakukan sesuatu tanpa meminta imbalan rasa pamrih terhadap siapapun.

syukur adalah rasa berterima kasih kita kepada allah karena a;\llah sudah memberi kita apa nyang sesuai dengan kita. kita harus mensyukuri sesuatu yang telah diberikan kepada allah karena nantinya akan mendapatkan keberkahan di akhirnya,

Agar kita selalu menjadi orang yang ikhlas, bersyukur, dan tidak sering mengeluh dalam setiap keadaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
1.    Ingatlah segala kenikmatan yang Allah sudah berikan kepada kita;
2.    Lakukan segala kewajiban hanya karena dan untuk menggapai ridha-Nya,  bukan karena sesuatu, bukan karena takut atasan, atau untuk dipuji oleh orang lain;
3.    Selalu melihat pada orang-orang yang lebih menderita dan kurang beruntung dari kita;
4.    Mengakui dalam hati bahwa nikmat yang kita terima adalah dari Allah dan akan kembali kepada-Nya;
5.    Selalu mengikuti kajian keagamaan, bisa melalui televisi, radio, atau pengajian-pengajian.
Insya Allah, jika ikhlas dan syukur sudah tertanam dalam hati kita, serta tidak ada lagi kata-kata mengeluh, tidak akan ada lagi kesedihan dan penderitaan yang menimpa diri kita. Wallahu a’lam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *